Cara menghasilkan uang dari streaming- Panduan Utama

By Andjela | Jul 01 2022

Live streaming telah mendapatkan popularitas di kalangan generasi muda. Sehingga membuat cara baru bagaimana menghasilkan uang dari streaming. Perubahan paling signifikan dengan menggunakan media sosial telah dalam bentuk konten.

Peningkatan minat yang signifikan terhadap konten video telah menggeser iklan bisnis online. Kampanye video promosi lebih berhasil daripada format lain.

Sudah jelas bahwa Facebook dan YouTube adalah pemimpin dengan konten video. Platform media sosial menggabungkan format streaming video ke dalam opsi visibilitas mereka.

Game online sangat populer di kalangan orang-orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di ponsel dan komputer mereka. Tidak mengherankan bahwa ‘gamer’ mengambil alih praktik streaming langsung lebih cepat. Di antara semua platform, Twitch adalah yang paling populer.

Mayoritas pengguna adalah penggemar beberapa bentuk video game. Karena ini adalah aplikasi yang menggunakan sebagian besar sesi streaming langsung, ini adalah dasar yang bagus untuk membangun audiens Anda. Pada artikel ini, kami akan menyajikan banyak cara untuk mempelajari cara menghasilkan uang dari streaming.

Apa itu Twitch?

Twitch adalah layanan streaming video langsung yang berbasis di Amerika. Ini berfokus pada streaming langsung video game. Ini juga mencakup siaran kompetisi olahraga, musik, dan konten kreatif lainnya. Layanan terbaru yang mereka tawarkan adalah ‘dalam aliran kehidupan nyata’. Ini dioperasikan oleh Twitch Interactive, anak perusahaan Amazon.

Jenis pengguna Twitch

Kemampuan untuk menghasilkan uang dari platform ini tergantung pada jenis pengguna. Ada tiga jenis fokus utama:

  • Pengguna Twitch Harian
  • Afiliasi Twitch
  • Mitra Kedutan

Sumber pendapatan yang tersedia

Cukup jelas bahwa tidak banyak orang yang tahu bagaimana menghasilkan uang darinya. Sebagian besar pengguna Twitch setiap hari ada untuk konten. Artinya persaingan semakin rendah. Persaingan yang lebih rendah menyiratkan peluang pendapatan yang lebih besar.

Sebagian besar pengguna harian yang menggunakan Twitch melakukan aktivitas paling sederhana. Mereka masuk dan mengikuti konten platform favorit mereka. Hanya sedikit orang yang dapat mempertimbangkan untuk menghasilkan uang melalui platform.

Pengguna harian harus mempertimbangkan untuk menjadi Afiliasi Twitch. Coba pelajari dan tingkatkan kemampuan streaming Anda. Ini akan membantu Anda membangun basis pengikut yang besar bahkan sebelum Anda mempertimbangkan untuk menghasilkan uang. Strategi sebenarnya untuk mulai menghasilkan tidak tergantung pada platform. Ini dapat diterapkan ke semua platform sosial yang memiliki opsi streaming.

Tautan afiliasi

Jenis bisnis online ini, sejauh ini, adalah cara paling umum yang dapat dilakukan orang untuk menghasilkan pendapatan pasif online. Bisnis online menghasilkan banyak uang melalui pemasaran afiliasi.

Afiliasi pemasaran menyiratkan promosi produk. Dengan melakukan penjualan setiap kali, Anda mendapatkan komisi. Pemasar afiliasi akan memberikan tautan afiliasi untuk membantu Anda mendapatkan penjualan. Dalam beberapa kasus, tautan ini mengadakan diskon khusus untuk pengguna.

Banyak streamer online akan mempromosikan jenis program afiliasi tertentu. Ada juga yang mengkhususkan diri pada sesi penjualan streaming online. Tapi ini adalah kategori bisnis tersendiri.

Tetap setia pada konten Anda

Kiat yang perlu diingat adalah memiliki pemirsa streaming yang tertarik dengan produk/layanan yang Anda promosikan. Gamer tidak akan tertarik dengan tas Gucci terbaru. Program afiliasi paling umum yang tersedia di Twitch adalah dengan Amazon. Ada lebih dari satu juta produk yang dapat dipertimbangkan oleh pemasar afiliasi untuk dipromosikan.

Streamer di Twitch memiliki opsi untuk menampilkan widget dengan produk yang relevan. Setelah penggemar Anda mengklik untuk membeli konten, Anda akan mendapatkan komisi. Prosesnya sederhana tetapi membutuhkan upaya dan promosi yang konstan.

Ingatlah bahwa konten akan terjual paling baik jika organik. Profil Anda tidak boleh diubah menjadi platform promosi. Penggemar akan mengikuti Anda untuk jenis konten yang Anda buat dan keberadaan online Anda secara keseluruhan. Jumlah mereka akan tergantung pada kualitas dan jenis konten yang Anda buat. Juga, seberapa sering dan responsif Anda terhadap platform. Orang-orang pertama-tama harus dihibur, dan ada kemungkinan lebih tinggi dari mereka untuk mengklik dan membeli produk.

Donasi

Cara kedua untuk menghasilkan pendapatan adalah popularitas yang semakin meningkat. Melakukan donasi langsung di Twitch, YouTube, dan bahkan TikTok telah menjadi tren umum. Selama streaming langsung, ada opsi bagi pemirsa untuk menyumbangkan uang untuk dukungan.

Untuk dapat menerima donasi, Anda harus memiliki akun terbuka. Menggunakan akun PayPal gratis adalah awal yang baik. Penting untuk diingat jika jenis akun untuk menerima uang kompatibel dengan platform. Untuk memastikan hal ini, adalah hal yang baik untuk menulis ke Pusat Dukungan di platform apa pun.

Pikirkan strategi baru

Ada banyak strategi untuk menghasilkan uang dari donasi online. Salah satu yang paling umum adalah membuat tujuan. Misalnya, Anda dapat menetapkan sasaran menjadi $100. Semakin banyak orang mengirim uang, semakin dekat Anda dengan tujuan. Triknya adalah membuat orang mengirim uang dengan cara Anda.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk berupaya meningkatkan jumlah pengikut. Semakin banyak orang yang Anda miliki sebagai audiens, semakin tinggi peluang untuk donasi. Menghasilkan $ 100 per streaming langsung membutuhkan mungkin 100 pengikut untuk menyumbangkan satu dolar. Tetap setia pada konten Anda dan orang-orang akan lebih sering terlibat.

Sponsor

Twitch adalah platform streaming langsung yang cocok untuk banyak pengguna. Di antara mereka, gamer aktif tampaknya sebagian besar terlibat. Orang yang menikmati jenis konten tersebut akan tetap berada di streaming langsung sepenuhnya, atau sebagian besar.

Ini sangat cocok untuk banyak merek dan perusahaan yang mungkin mendapat manfaat dari audiens. Setelah merek tertentu mengetahui bahwa ia dapat bergabung dengan audiens streamer, mereka akan menghubungi Anda. Menawarkan sponsor atau tautan afiliasi adalah cara kolaborasi yang paling umum. Dalam arti tertentu, konten streaming adalah versi langsung dari konten video.

Streaming langsung tampaknya lebih alami bagi orang-orang, itulah sebabnya ada peningkatan di internet. Semua platform media sosial saat ini memiliki opsi streaming langsung. Jika kita kembali ke gamer, setiap perusahaan dan merek yang ada di industri TI dapat memperoleh manfaat dari audiens Twitch yang besar.

Kerjasama antara individu dan perusahaan terjadi jauh dari platform. Rincian bisnis dikonfirmasi secara langsung, melalui panggilan atau email.

Sumber pendapatan tersedia untuk Twitch Affiliate Streamers

Tergantung pada platformnya, ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan yang aman sebagai streamer. Misalnya, di Twitch Anda harus memenuhi ketentuan berikut:

  • Untuk memiliki 8 jam streaming dalam 30 hari terakhir
  • Setidaknya tiga pengunjung per aliran dalam 30 hari terakhir
  • Minimal 50 followers

Setelah Anda memenuhi semua persyaratan ini, Twitch akan secara otomatis menghubungi Anda. Setelah menjadi afiliasi, Anda akan dapat mempromosikan produk dari merek lain di saluran Anda. Mengingat ketatnya persaingan di platform media sosial lainnya, ini bisa menjadi langkah yang baik.

Langganan Twitch

Langganan Twitch adalah contoh luar biasa dari pendapatan pasif. Bergantung pada keterlibatan audiens Anda, Anda dapat membuat penawaran berlangganan. Langganan bulanan bisa seharga $4,**, $9,99 atau $24,99. Pendapatan berlangganan bulanan Anda dibagi dua oleh Twitch. Setengah lainnya berjalan sesuai keinginan Anda.

Setelah Anda menjadi afiliasi Twitch, tombol Berlangganan akan ditampilkan secara otomatis. Ini akan memungkinkan pengikut Anda untuk berlangganan saluran Anda. Ini adalah peluang bagus untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Memiliki orang-orang yang mengikuti Anda terlibat akan mengamankan Pelanggan Anda di platform.

Bagaimana cara menghasilkan uang dari streaming di platform lain?

Sudah menjadi kepercayaan umum bahwa hanya gamer yang menghasilkan uang dari streaming. Ada orang yang mengkhususkan diri dalam melakukan penjualan online di live streaming setiap hari.

Ada berbagai cara untuk mengumpulkan tip. Bergantung pada platform, streamer muncul, ada:

  • YouTube memiliki tips untuk Super Chat. Ini membuat profil mereka lebih terlihat. Ada pengguna yang akan membeli Super Stickers. Mereka memberi streamer komisi tambahan per pembelian pemirsa.
  • Twitch memungkinkan pemirsa untuk ‘bersorak’.
  • Layanan tip Facebook didasarkan pada bintang.
  • DLive memungkinkan pemirsa untuk membuat poin Lino berbasis blockchain. Ini dibuat dengan berinteraksi dengan aliran orang. Mereka dapat dikirim nanti sebagai hadiah.

Jelas bahwa ada perbedaan dalam platform dan bagaimana mereka mengakhiri siklus aliran uang. Beberapa memiliki persimpangan dengan cryptocurrency apa pun.

Selesaikan penelitian sebelum mencoba menghasilkan arus kas yang serius dari streaming online. Luangkan waktu Anda dan lihat bagaimana orang lain melakukannya.

Jadi bagaimana cara menghasilkan uang dari sesi streaming langsung?

Bergantung pada jenis platform, Anda bisa mendapatkan komisi. Tidak ada strategi yang sempurna tentang cara menghasilkan uang dari streaming.

Untuk memulai, Anda memerlukan perangkat yang mendukung internet dan platform untuk memulai streaming langsung. Aplikasi streaming langsung paling populer adalah:

  • Facebook&Instagram Live
  • Twitch TV
  • House Party
  • TikTok.

Jumlah rata-rata uang yang dapat diperoleh orang adalah sekitar $5-$8 per jam. Sekarang, ini mungkin tidak terlihat banyak. Namun, jika Anda menggabungkannya dengan komisi, jumlah yang layak dapat bertambah.

Bagi mereka yang tidak yakin bagaimana memulainya, lakukan riset. Baca kiat menghasilkan uang kami untuk membantu Anda meningkatkan penghasilan online. Selalu ada pilihan untuk melakukan survei online sampai Anda siap untuk streaming online.