Bagaimana menghindari gangguan saat bekerja dari rumah – Tips & Trik

By Andjela | Jul 01 2022

Bekerja dari rumah dapat memiliki efek negatif. Orang tua dan pasangan muda paling sering mengalaminya. Mereka tidak dapat menjauhkan diri dari keluarga selama jam kerja. Setelah menghabiskan beberapa waktu di rumah bekerja di lingkungan yang sama, hal itu dapat menurunkan kinerja Anda.

  • Produktivitas turun dan gangguan harian lebih sering terjadi.
  • Performanya rendah dan mungkin sulit untuk difokuskan.

Ada cara untuk mengatasi hal ini. Pelajari tentang strategi untuk mengatur lingkungan kerja jarak jauh yang sehat. Di zaman modern, pekerjaan berbasis jarak jauh lebih sering terjadi daripada sebelumnya. Hal ini memungkinkan orang untuk mendapatkan uang secara online dengan mudah. Karena itu, penting untuk mempelajari cara menghindari gangguan saat bekerja dari rumah.

Orang yang baru mengenal konsep bekerja dari rumah bisa terjebak dalam lingkaran penundaan. Banyak orang yang bekerja dari rumah bisa lebih produktif dan santai. Yang harus mereka lakukan adalah mempelajari dan menerapkan beberapa tip dan trik sederhana. Pekerja lepas dan rekan perusahaan yang lebih berpengalaman telah menggunakannya untuk sementara waktu. Mereka semua menikmati semua kenyamanan bekerja dari rumah.

Amankan area kerja

Bekerja dari rumah tidak berarti bekerja dari tempat tidur. Orang sering bingung dengan gagasan tentang posisi kerja dari rumah. Itu tidak termasuk semangkuk makanan ringan dengan laptop dan kopi Anda.

Duduk selama 8 jam setiap kali akan mengurangi konsentrasi. Posisi duduk yang tidak nyaman mempengaruhi kinerja kita. Dampak kesehatan dari jajanan setiap hari bisa sangat negatif.

Efisiensi membutuhkan rutinitas. Meja, kursi, dan peralatan yang tepat adalah suatu keharusan. Tergantung pada fungsi pekerjaan Anda, Anda mungkin memerlukan alat tambahan. Koneksi internet yang stabil dan pencahayaan yang baik juga merupakan dasarnya.

Kesepakatan dengan keluarga

Bergantung pada jumlah orang di rumah Anda (dan hubungannya dengan Anda), buatlah rencana. Ibu dengan anak-anak dapat beristirahat sejenak untuk makan siang atau minum kopi dan menghabiskannya bersama keluarga. Selama Anda menggunakan headphone, itu berarti Anda tidak ada.

Ada banyak cara kreatif orang tua berkomunikasi dengan anak kecil. Biarkan mereka tahu apa yang harus dilakukan saat mereka bekerja.

Tapi, teman sekamar dan hewan peliharaan adalah cerita dalam skala yang berbeda. Pilihan ideal mengasingkan diri di satu ruangan dengan pintu. Jika tidak, cobalah untuk mengisolasi area kerja sebanyak mungkin. Juga, dapatkan headset yang bagus yang akan memblokir semua kebisingan. Ini akan memungkinkan Anda untuk berkonsentrasi. Ada keuntungan untuk dapat berkomunikasi dalam pertemuan online.

Mampu merencanakan dan menghargai pekerjaan Anda memastikan kualitas. Tetapkan beberapa harapan dan temui mereka. Jika tim tidak memiliki jam kerja yang ditetapkan, coba buat sendiri. Melakukan hal itu akan mencegah kemalasan, dan overdrive pada saat yang sama.

Jadwal harian Anda harus dijelaskan kepada orang-orang yang tinggal bersama Anda. Juga, memiliki telinga untuk kewajiban sehari-hari mereka juga. Merencanakan kegiatan individu dan kelompok penting bagi setiap orang. Ini akan menjamin fungsi dan lingkungan kerja yang bebas stres.

Rutinitas dan ritual

Bagi orang yang baru pindah dari kantor ke rumah, butuh waktu untuk menyesuaikan diri. Jadikan hari Anda seefisien mungkin. Ini akan membutuhkan rutinitas yang menyerupai kantor.

Hari kerja harus dimulai dan diakhiri pada waktu yang sama. Persiapan untuk bekerja harus sama seperti saat Anda berangkat kerja. Ini dimulai dengan bangun ke tempat tidur dan mengenakan pakaian lengkap Anda. Meskipun Anda pergi ke meja kerja Anda, hindari menjadi malas. Bekerja dengan piyama, bangun dari tempat tidur bisa kehilangan perhatian dan fokus Anda.

Mulailah setiap hari kerja dengan secangkir kopi (atau apa pun yang membuat bisnis Anda mengalir). Selesaikan tugas yang Anda miliki hari itu. Periksa email dan saluran komunikasi lainnya. Lakukan rem secara bersamaan. Anda membutuhkan rutinitas harian dan menggunakan rem untuk mengistirahatkan otak Anda dan memikirkan hal-hal lain.

Kurangi gangguan

Menahan diri dari berada di media sosial sepanjang waktu. Anda hanya dapat melakukan ini jika itu terkait dengan pekerjaan. Matikan TV dan matikan semua komunikasi, itu tidak penting.

Ini mungkin tampak sulit, tetapi setelah beberapa saat, ini akan menjadi rutinitas. Efisiensi Anda akan meningkat. Ada kemungkinan Anda bahkan dapat memangkas jam kerja Anda karenanya. Ini tergantung pada jenis pekerjaan yang Anda lakukan.

Untuk meningkatkan efisiensi Anda, Anda harus memiliki disiplin. Mungkin perlu waktu dan konsentrasi, tetapi itu sepadan.

Kiat tentang cara menghindari gangguan saat bekerja dari rumah

  • Cobalah untuk mengatur ritme dan lingkungan Anda. Buatlah seperti kondisi kantor. Singkirkan apa pun yang dapat mengalihkan perhatian Anda. Kami tahu bahwa saat ini, semuanya lebih menarik daripada laporan yang perlu Anda kirim. Tetapi selama jam kerja hindari melakukan pekerjaan rumah. Berhentilah menonton televisi, mencuci piring, atau membersihkan debu.
  • Tetapkan prioritas – dengan cara itu Anda akan lebih produktif dan, pada akhirnya, menghemat waktu. Banyak penelitian menunjukkan bahwa efisiensi kerja menurun ketika banyak hal dilakukan sekaligus.
  • Meskipun bekerja di luar tempat tidur mungkin tampak seperti pilihan yang bagus, disarankan untuk menghindarinya. Membaca dan membalas email atau menulis teks sambil berbaring di tempat tidur menyebabkan Anda bekerja dengan lambat. Sangat mudah terjadi bahwa Anda tertidur. Berbaring mengirimkan sinyal ke otak bahwa sudah waktunya untuk bersantai. Juga tidak perlu konsentrasi tinggi dan “kewaspadaan”. Bagian tubuh lainnya mengikuti sinyal-sinyal ini, yang membuatnya sangat sulit untuk tetap fokus dan produktif.
  • Tentukan bagian rumah Anda yang akan menjadi “kantor” Anda selama jam kerja dan lakukan semua pekerjaan di sana. Terserah Anda untuk memilih apakah itu akan menjadi meja di teras, ruang makan atau meja. Anda harus merasa nyaman. Anda harus memiliki kedamaian total di mana Anda akan dapat melakukan tugas-tugas pekerjaan dengan cara terbaik.

Ada lebih banyak untuk daftar ini

  • Saat Anda menggunakan Internet setiap hari, keamanan perangkat dan data Anda dapat dikompromikan. Komunikasi online adalah potensi pelanggaran keamanan. Terutama jika Anda bekerja dengan data sensitif. Itulah mengapa penting untuk menyediakan perangkat dengan solusi perangkat lunak keamanan.
  • Jangan lupa tentang aktivitas fisik! Sama seperti kami menyarankan untuk bangun dan berjalan-jalan dari waktu ke waktu selama jam kantor, hal yang sama berlaku untuk bekerja dari rumah. Beristirahatlah, regangkan kaki Anda, lakukan latihan pendek, atau regangkan dengan baik. Ini sangat penting jika kita ingat bahwa kursi yang kita gunakan di rumah tidak dimaksudkan untuk bekerja sepanjang hari.
  • Tantangan ekstra saat bekerja dari rumah adalah pengaturan makanan yang tepat. Anda berencana untuk istirahat sejenak selama bekerja untuk mempersiapkan makan siang, dan kemudian perangkat Anda menjadi kacau. Berikut adalah solusi yang mungkin – siapkan makanan setiap malam untuk hari berikutnya! Ada beberapa cara Anda bahkan dapat menghemat uang untuk belanjaan. Anda akan memastikan bahwa baik pekerjaan maupun perut Anda tidak terganggu, dan juga menghemat uang. Bersenang-senang dan biarkan imajinasi Anda menjadi liar dengan menggabungkan rasa favorit Anda. Tapi ingat untuk melakukannya sehari sebelumnya.

Bekerja di kantor dan jarak jauh memiliki beberapa manfaat dan tantangan

Bekerja dari rumah membawa serta kenyamanan bekerja di kamar Anda. Anda tidak perlu terburu-buru, bersiap-siap, memakai make-up, atau pergi dengan transportasi. Juga, Anda tidak perlu datang tepat waktu dan sebagainya. Dalam hal ini, Anda menghemat waktu dan uang.

Tapi Anda kehilangan kontak dengan rekan kerja dan rutinitas pagi persiapan. Jika Anda kurang bergerak, Anda tidak segera diberitahu tentang peristiwa. Dengan demikian, Anda kurang mengetahui acara bisnis dan interpersonal. Tergantung pada jenis pekerjaan, itu bisa menjadi faktor yang signifikan.

Teleworking, seperti halnya pekerjaan kantor, memiliki kekurangan dan kelebihannya. Sifat pekerjaan juga harus diperhitungkan. Beberapa pekerjaan cocok untuk pekerjaan online. Sementara yang lain membutuhkan pekerjaan langsung, kehadiran, dan hubungan langsung dengan orang-orang.

Tip: Apakah Anda seorang pelajar yang mencari pekerjaan jarak jauh? Ada banyak pekerjaan untuk menghasilkan uang secara online saat kuliah!

Manfaat bekerja dari rumah

Dengan membuat kantor rumah, Anda dapat mengurangi biaya berkali-kali lipat. Pertama-tama, ini menghemat waktu, karena dalam hal ini, Anda tidak perlu bepergian untuk bekerja. Ini benar bahkan jika Anda telah memutuskan bahwa pekerjaan paruh waktu harus menjadi tambahan gaji. Ini juga berlaku jika bekerja dari rumah adalah pekerjaan utama Anda.

Bayangkan saja situasi di mana setelah pekerjaan biasa Anda bepergian lagi. Perjalanan ke tempat kerja bisa menjadi sesuatu dari masa lalu. Hanya jika pekerjaan ekstra Anda memungkinkan kenyamanan rumah. Dengan cara itu, Anda menghilangkan waktu luang berharga yang dapat Anda habiskan bersama orang yang Anda cintai. Bekerja dari rumah tidak hanya menghemat waktu tetapi juga uang.

Jika Anda berada di rumah, maka Anda tidak memiliki biaya tambahan. Membayar transportasi, makanan, dan minuman bisa jadi pikiran Anda. Ada juga keuntungan bekerja di lingkungan yang akrab. Bekerja di kantor rumah yang telah Anda rancang khusus untuk diri sendiri. Rasa aman mengikuti karena Anda duduk di rumah Anda di mana Anda merasa nyaman.

Ini semua adalah manfaat yang meningkatkan pengalaman kerja sekaligus meningkatkan efisiensi kerja. Hasil dari semua ini adalah pekerjaan yang lebih santai di mana proyek diselesaikan lebih cepat dan lebih mudah. Bukan kebetulan bahwa semakin banyak profesional memutuskan untuk terbang sendiri. Pekerjaan mandiri malah tampaknya lebih efisien daripada menjadi bagian dari perusahaan.

Tentu saja, itu tergantung pada Anda apa yang akan Anda lakukan dan di mana Anda akan bekerja. Beberapa pekerjaan memerlukan kerja lapangan atau mengunjungi klien. Dalam hal ini, Anda harus mencoba mencari strategi lain untuk diterapkan.