Bagaimana cara memulai blog yang sukses dalam 9 Langkah?

By Andjela | Jul 01 2022

Tahukah Anda apa yang mengagumkan di zaman sekarang ini? Anda dapat memiliki penghasilan tetap dan mandiri (dan inilah caranya). Dan itu semua mungkin tanpa investasi besar. Misalnya, Anda selalu dapat memulai sebuah blog. Namun, ada satu hal penting yang perlu diingat. Anda harus memulai blog yang sukses, bukan sembarang blog.

Di sinilah hal-hal mungkin menjadi sedikit sensitif. Siapa pun dapat mulai menulis hal-hal acak. Dan siapa pun dapat mempostingnya di berbagai platform gratis di luar sana. Meski tidak semua orang bisa membuat semuanya berhasil. Tidak semua orang bisa mengubahnya menjadi mesin penghasil uang. Ada hal-hal yang harus Anda pelajari sebelum Anda melakukan ini.

Tentu saja, semuanya tidak akan berhasil jika Anda tidak pandai menulis. Dan kemungkinannya jauh lebih tinggi jika Anda bersemangat tentang hal itu. Sebenarnya ini adalah tiket masuk. Tanpa itu, sulit untuk membuat semuanya bekerja.

Tetapi jika Anda sudah menguasai bagian ini, inilah saatnya untuk membawanya ke tingkat berikutnya. Ya, itu mungkin untuk menghasilkan dari blog Anda dan bahkan mencari nafkah. Pertama, Anda harus mengikuti langkah-langkah ini.

Langkah 1: Cari tahu fokus blog Anda

Sejak awal, Anda perlu tahu tentang apa blog Anda nantinya. Dan Anda harus memiliki setidaknya visi yang jelas tentangnya. Harus ada fokus pada topik tertentu atau cakupan topik. Singkatnya, Anda harus memikirkan tema blog Anda. Dan, apa pun fokusnya, Anda harus menguasai apa yang Anda tulis. Jika Anda tidak pandai menulis tentang apa yang Anda rencanakan, lakukan riset.

Mencari tahu bagian ini mungkin lebih sulit daripada yang terlihat. Masalahnya adalah kemungkinan besar ada banyak blog dengan topik yang sama. Tetapi, pada saat yang sama, Anda juga harus menemukan cara untuk membuatnya unik. Tapi pastikan untuk tidak terbawa suasana, begitulah. Misalnya, jika hal-hal menjadi terlalu aneh, Anda mungkin menakut-nakuti audiens potensial Anda.

Tanpa fokus, Anda mungkin juga lupa memiliki blog. Faktanya, tidak ada gunanya memilikinya jika Anda tidak tahu apa yang harus ditulis.

Langkah 2: Kenali audiens target Anda

Sementara kami melakukannya, Anda juga harus terbiasa dengan audiens target Anda. Bahkan jika Anda ahli dalam bidang yang Anda liput, itu tidak menjamin kesuksesan blog Anda. Anda perlu tahu apa yang ingin dibaca oleh audiens potensial Anda.

Audiens Anda adalah komponen penting. Tanpa itu, tidak akan ada yang mungkin. Bagaimanapun, kesuksesan blog Anda tergantung padanya.

Ingatlah bahwa ini tidak semua tentang kuantitas. Tentu, selalu lebih baik untuk memiliki lebih banyak. Tetapi jauh lebih baik untuk memiliki orang-orang yang mau terlibat dengan blog Anda. Ini membawa lebih banyak potensi dalam jangka panjang. Dan, dengan pengikut yang berdedikasi, Anda akan dapat mencari nafkah darinya. Tapi kita akan sampai ke sana.

Langkah 3: Uji air dengan platform blog gratis

Sebelum Anda melangkah lebih jauh, yang terbaik adalah mengasah keterampilan Anda di platform blogging gratis. Itu selalu lebih baik untuk menguji berbagai hal sebelum Anda melakukannya secara penuh. Untungnya, ada banyak dari mereka. Tidak sulit untuk memulai sebuah blog yang sebenarnya hari ini. Yang harus Anda lakukan adalah mendaftar dan Anda siap melakukannya!

Langkah 4: Beli domain yang sesuai

Tentu, melakukan semuanya secara gratis itu luar biasa. Dan itu tidak lebih dari mendaftar. Namun, jika Anda ingin blog yang benar-benar sukses, maka Anda harus membeli domain. Jika tidak, hampir tidak ada kesempatan bagi Anda untuk menjadi besar.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memikirkan nama domain. Dan di sinilah segalanya bisa menjadi sangat sulit. Sulit untuk menemukan domain yang cocok. Kemungkinan nama domain yang Anda pikirkan diambil. Anda harus kreatif di sini dan menemukan alternatif. Dalam beberapa kasus, Anda harus mengubah pendekatan untuk membangun merek baru Anda.

Anda juga harus ingat bahwa beberapa domain lebih mahal daripada yang lain. Bahkan yang tidak diambil bisa lebih mahal untuk didapatkan. Dan yang diambil biasanya cukup bagus dan dijual dengan harga astronomis. Tapi itu cerita lain.

Either way, Anda juga harus membayar untuk domain Anda setiap tahun. Tapi ini seharusnya tidak terlalu mahal dalam banyak kasus.

Langkah 5: Temukan platform hosting yang sesuai

Selain domain, Anda harus memiliki platform hosting yang sesuai. Di sinilah semua data dan file situs web Anda akan disimpan. Jika Anda menghosting blog biasa, Anda dapat menggunakan platform apa pun. Cari solusi yang lebih murah tetapi dapat diandalkan.

Jika Anda berencana untuk mengunggah video atau file yang lebih besar, maka Anda memerlukan sesuatu yang serius. Tapi hampir tidak ada kebutuhan untuk itu. Untuk video, Anda selalu dapat menggunakan YouTube atau platform hosting video lainnya. Dan untuk file yang lebih besar, Anda memiliki Google Drive atau Dropbox.

Ingatlah bahwa Anda harus membayar hosting setiap bulan. Pilihan hosting termurah biasanya sekitar $5.

Langkah 6: Tulis konten yang menarik dan bermakna

Dan sekarang kita masuk ke konten, bagian utama dari setiap blog. Tak perlu dikatakan bahwa konten Anda harus bagus. Ya, Anda mungkin pernah mendengar ini jutaan kali. Tetapi tidak ada cara lain untuk membangun atau mempertahankan audiens Anda.

Apa pun topiknya, kami memiliki persaingan yang ketat di hampir semua bidang. Apa pun yang Anda tulis, Anda perlu tahu barang-barang Anda. Dan Anda perlu menulisnya dengan cara yang mudah diakses.

Langkah 7: Bangun merek Anda

Setelah ini, Anda juga harus berpikir untuk membangun merek Anda. Ini bukan hanya tentang identitas visual Anda, tetapi juga seberapa baik kerjanya dengan konten Anda. Desain situs web, logo, dan artikel semuanya harus masuk akal.

Anda harus mencari inspirasi di blog lain yang sejenis. Misalnya, jika Anda menulis tentang game, kunjungi blog game dan teknologi lainnya. Jangan mencuri gaya dan konten mereka. Cari saja pola dan ide umum. Dan kemudian pikirkan tentang apa yang dapat Anda lakukan secara berbeda untuk menjadi unik sambil tetap berada dalam gaya.

Untuk blog yang lebih kecil, biasanya lebih โ€œpribadiโ€. Tulislah dengan jujur โ€‹โ€‹dari sudut pandang Anda. Gunakan nama dan identitas Anda dan lakukan pendekatan langsung. Poin bonus jika Anda memiliki gambar asli Anda.

WordPress membuat proses ini lebih mudah. Anda juga dapat menggunakan desain dan tema gratis untuk itu. Opsi lainnya termasuk menyewa pengembang untuk membangun situs web Anda dari awal. Tapi itu akan mahal.

Langkah 8: Pikirkan aturan Google

Suka atau tidak, kita semua bergantung pada Google. Ini datang dengan sisi baik dan sisi buruknya. Sisi baiknya adalah Google menghukum konten yang dicuri. Tidak ada yang bisa begitu saja menyalin dan menempelkan apa yang Anda tulis dan berharap untuk melakukan lebih baik dari Anda. Dan hal yang sama berlaku untuk Anda. Jadi memiliki konten asli.

Tetapi sisi buruknya adalah hal-hal yang sering menjadi rumit. Terlebih lagi, tidak ada yang bisa sepenuhnya mengetahui apa yang dilakukan algoritma Google. Anda harus mengikuti aturan dasar SEO. Selain teks itu sendiri, barang-barang lain juga tidak boleh dicuri. Gunakan stok foto bebas royalti atau ambil foto Anda sendiri jika memungkinkan.

Selain itu, Google sekarang menyukai konten orang pertama yang lebih asli untuk blog. Perspektif orang pertama jauh lebih baik daripada hanya menulis ulang posting blog. Jadi lulus tes Copyscape tidak lagi minimum yang diperlukan.

Semua ini bisa menjadi sedikit berantakan. Anda dapat melihat beberapa aturan terpenting di lokasi ini.

Langkah 9: Opsi monetisasi

Dan, akhirnya, Anda harus menemukan cara untuk memonetisasi blog Anda. Ini adalah tujuan akhir. Untungnya, ada banyak cara untuk melakukannya. Anda dapat mengajukan permohonan untuk program Google AdSense dan mendapatkan uang dari iklan Google. Anda juga dapat mengikuti program afiliasi pengecer online apa pun. Amazon cukup populer untuk ini. Namun, ada banyak pilihan lain tergantung pada fokus blog Anda.

Dan ada juga metode lain juga. Anda dapat menggunakan situs web Anda untuk promosi dan Anda dapat mengenakan biaya untuk layanan tersebut. Anda juga bisa menjual merchandise melalui dropshipping. Tetapi agar ini berhasil, pertama-tama Anda harus mengembangkan blog Anda dan ini membutuhkan waktu. Inilah sebabnya mengapa pilihan terbaik untuk blog baru adalah menggunakan Google AdSense dan program afiliasi Amazon.

Ingat: Tidak ada cara bersertifikat untuk memulai blog yang sukses

Ya, mungkin terdengar seperti klise. Tapi setiap blog itu unik. Atau, setidaknya seharusnya begitu. Dengan itu, tidak ada cara yang terbukti aman untuk memulai blog yang sukses. Di sisi lain, ada cara yang terbukti menghasilkan uang secara online tanpa pengalaman.

Anda dapat mencoba dan sepenuhnya menyalin gaya blog orang lain. Tetapi tidak ada jaminan bahwa blog Anda akan berhasil.

Ini mungkin terdengar seperti sesuatu yang telah Anda dengar ratusan kali sebelumnya. Tapi blog Anda harus asli. Itu tiket masuknya. Tanpa bagian itu, Anda akan kesulitan memiliki blog yang sukses. Yang biasa-biasa saja akan mungkin. Tetapi melakukan sesuatu yang lebih baik dari itu hampir tidak mungkin.

Selain mengetahui cara memulai blog yang sukses, ada hal lain yang dapat membantu Anda menghasilkan uang secara online. Jika Anda bertanya-tanya apa itu, klik di sini.