Cara menghasilkan uang dengan bermain video game โ€“ 10 Metode yang berhasil

By Andjela | Jul 01 2022

Hanya beberapa dekade yang lalu, bermain video game hanya itu. Kecuali jika Anda seorang pengembang atau penguji, Anda tidak dapat memperoleh uang sepeser pun dengan memainkannya. Ya, itu sebagian besar terkait dengan menjadi tidak produktif. Tetapi hari ini, Anda dapat menghasilkan uang dengan bermain video game. Dengan kompetisi dan model monetisasi, beberapa bahkan dapat menghasilkan uang dengan melakukannya.

Ini seperti pepatah lama: โ€œTemukan pekerjaan yang Anda sukai, dan Anda tidak akan pernah harus bekerja sehari pun dalam hidup Anda.โ€ Bayangkan saja mendapatkan uang melakukan aktivitas waktu luang favorit Anda. Itu semua bagus, tetapi Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda bisa menjadi gamer berbayar.

Meski bukan tidak mungkin, ingatlah bahwa ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Dibutuhkan beberapa waktu dan usaha, tetapi Anda akan bisa sampai di sana. Apakah Anda bertujuan untuk menjadi seorang profesional atau hanya memiliki penghasilan sampingan? Berikut adalah beberapa cara bagaimana Anda dapat menghasilkan uang dengan bermain video game.

Menjadi pembuat konten yang berorientasi pada video game

Saat ini, YouTube adalah segalanya. Selain platform hosting video lainnya, semua konten menghibur ada di sana. Dan para gamer menyukai YouTube. Baik profesional atau kasual, semua jenis gamer merekam video untuk YouTube.

Tetapi bagian terbaiknya adalah Anda dapat memonetisasi konten Anda. Selama bertahun-tahun sekarang, banyak YouTuber mencari nafkah dengan cara ini. Selain itu, Anda juga dapat menemukan sponsor untuk penempatan produk di video Anda.

Tentu saja, Anda harus tumbuh terlebih dahulu. Dibutuhkan banyak waktu untuk mengembangkan saluran YouTube Anda dan Anda perlu memposting banyak konten. Tapi itu bisa menjadi sumber pendapatan yang besar.

Ini bisa menjadi metode tambahan yang bagus dalam kombinasi dengan beberapa metode lain yang akan kami sebutkan di sini. Misalnya, Anda bisa menjadi pengembang atau penguji QA yang memainkan atau bereaksi terhadap game yang berbeda.

Mulai streaming langsung permainan Anda

Streaming langsung permainan Anda juga merupakan cara yang bagus. Untuk tujuan ini, Anda dapat menggunakan platform apa pun yang memungkinkan Anda melakukan streaming. Yang paling populer adalah Twitch, terutama karena memungkinkan penggemar Anda membayar Anda secara langsung. Tentu saja, ini berarti Anda harus membangun basis penggemar terlebih dahulu. Tetapi dalam kombinasi dengan media sosial dan saluran lainnya, Anda juga dapat melakukannya melalui Twitch.

Platform lain juga bagus untuk ini. Misalnya, YouTube juga bisa berguna di sini. Juga, Anda dapat memasang Patreon atau tautan platform crowdfunding lainnya di sana agar orang-orang membayar Anda. Atau Anda juga bisa meletakkan PayPal atau dompet kripto Anda dan meminta sumbangan.

Menggunakan platform crowdfunding sebagai pembuat konten

Platform crowdfunding juga merupakan cara yang bagus bagi setiap pembuat konten untuk mendapatkan uang. Patreon adalah salah satu yang terbesar, tetapi Anda juga memiliki opsi lain di luar sana. Tentu saja model ini tidak bisa bekerja sendiri. Anda perlu melakukannya dalam kombinasi dengan saluran YouTube dan media sosial Anda. Tawarkan kepada penggemar Anda beberapa konten baru yang menghibur, dan buat mereka kembali ke saluran Anda.

Metode ini bekerja untuk hampir semua jenis pembuat konten. Gamer hanyalah salah satunya.

Menjadi pengembang

Ini mungkin kerja keras, tetapi Anda juga bisa menjadi pengembang game. Ini adalah jalan yang panjang dan Anda harus menjadi programmer yang sangat baik. Tapi secara teknis Anda bisa bermain video game untuk mencari nafkah.

Ya, ini adalah pendekatan yang sama sekali berbeda. Tetapi jika Anda menyukai pengkodean dan Anda memiliki bakat untuk itu, maka pengembangan game adalah jalur karier yang layak.

Menjadi penguji QA

Demikian juga, pengujian QA adalah cara lain yang bagus untuk bermain video game untuk mencari nafkah. Bahkan, ada kemungkinan Anda akan bermain lebih banyak sebagai penguji QA. Lagi pula, Anda harus menemukan semua kemungkinan masalah dan bug dalam game yang Anda uji.

Menjadi penguji QA lebih sederhana daripada menjadi programmer. Ini sama sekali bukan pekerjaan sederhana, tetapi lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan dengan bermain game dengan cara ini.

Menjadi artis papan cerita

Jika Anda lebih menyukai seni dan desain grafis, Anda juga dapat mencoba dan menjadi seniman papan cerita. Selain itu, Anda juga memerlukan jenis kreativitas lain untuk pekerjaan ini.

Anda harus menyatukan berbagai hal dan memahami permainan, baik secara visual maupun cerita.

Turnamen game dan game eSport profesional

Tetapi jika Anda ingin fokus pada game itu sendiri, melakukan turnamen bisa menjadi cara untuk mendapatkan uang. Kita hidup di masa ketika turnamen game begitu tersebar luas. Dari mana pun Anda berasal, pasti ada beberapa jenis turnamen di luar sana.

Ini biasanya permainan yang lebih dinamis. Itu bisa berupa penembak orang pertama, MOBA, atau hal-hal strategi. Sesuatu yang menarik bagi khalayak massa. Selain itu, ini bisa menjadi cara yang bagus bagi Anda untuk memasuki perairan eSports profesional. Tapi Anda harus berlatih. Banyak.

Meskipun sangat menarik bagi banyak orang, eSports bisa jadi sulit. Anda harus ingat bahwa ini bukan untuk semua orang. Sama seperti olahraga fisik, prosesnya bisa lama dan tidak ada yang menjamin Anda akan menjadi pro gamer.

Jurnalisme dan podcast yang berorientasi pada video game

Cara lain yang menarik untuk mendapatkan uang adalah dengan melakukan jurnalisme atau podcast yang berorientasi pada permainan. Ini bisa berupa pekerjaan independen atau untuk outlet berita yang lebih besar. Melakukan ulasan itu penting, dan jurnalis game memiliki banyak pekerjaan di tangan mereka.

Menjadi jurnalis independen bisa sangat menguntungkan. Tetapi seperti semua hal lain yang tercantum di sini, perlu waktu untuk membangun audiens Anda. Podcast juga bisa sangat menarik, tetapi Anda harus menemukan cara untuk mendapatkan tamu yang baik.

Pelatihan

Jika Anda seorang gamer pro atau semi-pro, pelatihan dapat menjadi sumber pendapatan yang layak. Seperti yang telah disebutkan, menjadi gamer kompetitif profesional penuh adalah jalan yang sulit. Dan bahkan jika Anda benar-benar hebat, itu bukan jaminan bahwa Anda akan berakhir di perairan ini.

Jika Anda membuat terobosan di dunia eSports profesional atau tidak, keterampilan Anda masih dapat bekerja untuk Anda. Selain tutorial, Anda juga bisa melakukan coaching. Ada banyak penggemar muda yang mencari cara untuk mengasah keterampilan bermain game mereka. Dan jika Anda sangat ahli dalam permainan (atau beberapa permainan) tertentu, Anda dapat menawarkan layanan Anda kepada orang lain.

Apa yang baik tentang pembinaan sebagai seorang gamer adalah bahwa Anda dapat melakukannya baik sebagai pertunjukan sampingan dan sebagai sumber penghasilan utama Anda. Mungkin Anda hanya ingin menghasilkan uang antara pekerjaan dengan hobi Anda. Apakah Anda saat ini menghasilkan uang dari pembuatan konten, game pro, atau apa pun? Jika demikian, pembinaan memungkinkan Anda untuk menambah penghasilan Anda. Tapi, itu bisa menjadi pertunjukan sampingan yang dikombinasikan dengan hal-hal lain, baik itu terkait game atau non-game.

Tentu saja, jika Anda berencana untuk melatih, Anda harus mengetahui semua tren di bidang Anda. Ini juga membutuhkan banyak investasi, baik untuk perangkat keras maupun game baru.

Pekerjaan pengawal dalam game

Meskipun mungkin terdengar aneh bagi sebagian orang, pekerjaan โ€œpengawalโ€ dalam game adalah hal yang nyata. Seperti yang Anda ketahui, bermain game bisa jadi sulit. Menjadi pemain pembawa game membutuhkan banyak keterampilan. Tapi di sinilah gamer โ€œtentara bayaranโ€ ikut bermain.

Anda dapat menggunakan keterampilan Anda sebagai apa yang disebut โ€œpengawalโ€. Ini berarti Anda akan menjadi senjata sewaan yang akan membantu pemain atau kelompok pemain tertentu. Tugas Anda akan mencakup:

  • Melindungi mereka dari tembakan musuh atau jenis kerusakan lainnya
  • Bimbing mereka melalui peta
  • Pramuka untuk musuh
  • Temukan objek dan item yang diperlukan

Ini adalah tugas yang sulit, terutama untuk game MOBA di mana Anda harus mendapatkan XP dan masih mati sepanjang waktu. Prioritas Anda adalah menyelamatkan pemain yang membayar Anda. Namun, Anda masih harus cukup kuat untuk melakukannya sepanjang pertandingan.

Apa yang perlu Anda ketahui

Tidak peduli seberapa menarik tampilannya, menjadi gamer berbayar tidaklah mudah. Ini terutama terjadi pada pembuat konten, streamer, dan podcaster. Anda harus menjadi istimewa dan menonjol dari keramaian. Jika tidak, Anda hanya akan berbaur dengan banyak orang di seluruh dunia. Lagi pula, banyak dari mereka melakukan video dan streaming game yang mudah.

Jika Anda ingin mendapatkan uang dengan mudah, Anda harus mendekatinya seperti pekerjaan lainnya. Tentu, ini akan menyenangkan, tetapi Anda harus disiplin dan serius dalam melakukannya. Ini tidak hanya membutuhkan peralatan yang baik tetapi juga peningkatan yang konstan.

Ini bukan hanya tentang duduk sepanjang hari dan bermain game acak. Jika Anda seorang pembuat konten, temukan cara untuk menjadi lebih menarik. Jika Anda ingin menjadi pelatih, pertahankan keterampilan Anda sepanjang waktu dan cari tahu tentang hal-hal baru. Jika Anda seorang pengembang atau penguji QA, Anda akan memiliki banyak hal untuk dipelajari setiap saat.

Seperti yang telah kami sebutkan, bukan tidak mungkin menghasilkan uang dengan bermain game. Tapi, pada akhirnya, itu pekerjaan.